Tips Memilih Hotel Untuk Staycation

 
Hotel staycation

Pasti uda nggak asing lagi donk di tengah kesibukan dan rutinitas sehari-hari, staycation telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang mencari hiburan atau ingin berhenti sejenak dari rutinitas padat yang dilakukannya setiap hari. Termasuk aku juga, kalau jenuh dengan rutinitas aku lebih suka staycation.

     Istilah staycation sendiri berasal dari gabungan kata stay (tinggal) dan vacation (liburan), yang berarti liburan yang dilakukan di dalam kota atau di dekat tempat tinggal. Konsep ini menawarkan berbagai manfaat, mulai dari penghematan biaya hingga hemat waktu.

     Staycation memungkinkan kita untuk menikmati waktu berkualitas dengan keluarga, teman, atau diri sendiri tanpa harus memikirkan kerepotan perjalanan yang panjang dan seringkali melelahkan. Cocok buat kita yang waktu liburnya terbatas.

     Namun, keberhasilan staycation sangat bergantung pada pemilihan hotel yang tepat. Memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi dapat membuat pengalaman staycation Anda menjadi luar biasa.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih hotel untuk staycation:

1. Sesuai Anggaran Liburan

Menetapkan anggaran staycation yang sesuai adalah langkah awal paling penting. Pilih hotel yang menawarkan harga yang sepadan dengan fasilitas dan layanan yang diberikan. Staycation tidak perlu mahal untuk menjadi menyenangkan, Anda harus memastikan biaya yang Anda keluarkan akan kembali kepada Anda berupa kenyamanan dan kepuasan pengalaman yang didapatkan.

     Banyak hotel yang mematok harga mahal namun memiliki fasilitas yang tidak lengkap. Maka dari itu, lakukan survei menyeluruh sebelum memutuskan hotel mana yang akan Anda gunakan untuk staycation.

     Pastikan Anda akan merasa puas dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan dan biaya yang Anda keluarkan nantinya. Sebanding atau tidak, Anda yang memutuskan hal tersebut. Dan pastikan juga jangan over budget. Pastinya kita enggak mau pusing sepulang staycation, kan.

2. Lihat Lokasi Hotel

Pertimbangkan aksesibilitas dan kemudahan transportasi ke berbagai destinasi di sekitar hotel. Hotel yang dekat dengan transportasi umum atau berada di pusat kota akan memudahkan Anda untuk menjelajahi berbagai tempat tanpa harus menghabiskan banyak waktu di jalan.

     Anda mungkin berpikir bahwa Anda akan menggunakan waktu penuh di hotel, namun pemilihan hotel yang dekat dengan destinasi yang Anda minati akan memudahkan Anda apabila nantinya berubah pikiran. Kadang-kadang bisa aja merasa bosan, terutama kalau ajak anak-anak bisa tiba-tiba ngajakin keluar hotel buat main

     Jangan lupa untuk mencari tahu rekomendasi destinasi wisata atau tempat-tempat menarik di sekitar hotel Anda, sehingga saat staycation Anda akan menggunakan waktu sebaik mungkin.

Apabila staycation dilakukan di dalam kota besar, Anda bisa mencoba jelajah kuliner atau night walk di sekitar hotel. Namun, apabila Anda memutuskan untuk melakukan staycation di daerah gunung, Anda bisa melakukan jalan pagi dan menyusuri daerah pegunungan.

   Lokasi hotel menentukan destinasi Anda selanjutnya. Walaupun tidak selalu keluar dan hanya ingin bersantai seharian di hotel, tidak ada salahnya Anda mencari rekomendasi destinasi sekitar.

3. Ulasan dan Rekomendasi

     Membaca ulasan dari tamu sebelumnya dan mencari rekomendasi dari teman atau keluarga dapat membantu Anda memilih hotel yang tepat. Ulasan positif seringkali menunjukkan kualitas layanan dan kenyamanan yang baik, sementara ulasan negatif dapat menjadi peringatan untuk menghindari hotel tersebut. Aku sendiri, biasanya membaca ulasan melalui banyak media, baik ulasan di google baik ulasan di penyedia layanan booking hotel, itu akan jadi pertimbangan banget.

     Lakukan penilaian yang mendalam tentang hotel yang Anda tuju. Saat ini, banyak orang memberi ulasan singkat hotel lewat video dan audio di aplikasi TikTok, Anda bisa ikut menonton video tersebut untuk penilaian tambahan.

Baca juga: 7 hal jangan dilupakan ketika meninggalkan kamar hotel

     Selain itu, Anda bisa melakukan survei ulasan melalui Google, aplikasi perjalanan seperti; Traveloka atau Tiket.com, Instagram dan sosial media yang lainnya sehingga penilaian Anda detail dan tidak meleset.

4. Fasilitas dan Layanan Hotel

Buat aku sekeluarga kalau staycation pasti mencari yang ada kolam renangnya supaya anak-anak betah main air. Jadi engga cuma aku dan suami ya seneng, tapi anak-anak juga. 

       Nah, pastikan hotel yang Anda pilih memiliki fasilitas dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya; kolam renang, air hangat atau bathtub, restoran dengan view lampu kota, pusat kebugaran, spa atau layanan lainnya yang sesuai dengan ketertarikan Anda.

Baca juga: rekomendasi hotel staycation di Banjarmasin

  Anda dapat menghemat biaya dengan menggunakan fasilitas hotel yang tersedia sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Fasilitas yang lengkap akan mendukung kegiatan menyenangkan selama berada di dalam hotel.

   Periksa juga apakah hotel menyediakan lift barang, terutama jika Anda membawa banyak barang atau bepergian dengan keluarga. Barang bawaan akan lebih aman dan nyaman apabila dibawa menggunakan lift dari pada tangga.

  Fasilitas-fasilitas pendukung ini akan menambah kenyamanan selama staycation. Anda tidak perlu khawatir untuk berdiam seharian di hotel dengan banyak fasilitas yang bisa dicoba.

5. Promo dan Paket Staycation

Manfaatkan promo dan paket staycation yang ditawarkan oleh hotel. Banyak hotel menawarkan paket khusus dengan harga lebih terjangkau atau tambahan fasilitas seperti sarapan gratis, diskon untuk layanan spa, atau tiket masuk ke objek wisata lokal.

Selain itu, beberapa hotel juga menawarkan paket yang disesuaikan dengan tema tertentu, seperti paket romantis untuk pasangan atau paket keluarga dengan aktivitas anak-anak.

Promo ini memberikan Anda banyak keuntungan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan yang besar. Jangan ragu untuk bertanya langsung ke pihak hotel atau cek website mereka untuk mendapatkan informasi terbaru tentang promo atau paket tertentu. 

6. Kebijakan Pembatalan dan Refund

Periksa kebijakan pembatalan dan refund hotel sebelum melakukan reservasi. Kebijakan yang fleksibel akan memberikan rasa aman, terutama jika terjadi perubahan rencana mendadak.

   Pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan pembatalan agar tidak mengalami kerugian finansial. Beberapa hotel menawarkan opsi pembatalan gratis hingga beberapa hari sebelum, tanggal check-in, sementara yang lain mungkin mengenakan biaya pembatalan yang cukup tinggi.

Pelayanan hotel itu penting

     Selain itu, penting juga untuk mengetahui kebijakan refund jika Anda memutuskan untuk mempersingkat masa menginap atau menghadapi situasi darurat yang datang tanpa diduga.

     Memilih hotel dengan kebijakan pembatalan dan refund yang fleksibel akan memastikan Anda tetap tenang dan tidak terbebani oleh kemungkinan kerugian finansial akibat perubahan rencana.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, kita dapat memilih hotel yang tepat untuk staycation, memastikan liburan singkat Anda tetap menyenangkan dan bebas dari stres. Rencanakan liburan Anda dengan aman dan nyaman dengan tips diatas.


Selamat menikmati staycation yang terbaik!

14 comments

  1. Memang bener Mbak Ruli, milih hotelnya sesuai dengan budget, syukur2 kalo ada voucher diskon atau di-endorse hehehehe. Terus lokasi juga, kalo bisa deket ama tempat makan biar gak bingung cari makanan.

    ReplyDelete
  2. Mau stay cation memang nggak bisa sembarangan memilih hotel ya, Mbak. Karena kan tujuannya untuk relaks gitu. Jadi, sebisa mungkin setelah stay cation, kita juga fresh. Nggak malah nambah beban. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Klo gak salah istilah staycation ini mulai hits pas masa2 covid ya mbaa..saat kita tdk bisa bepergian jauh tapi kota butuh suasana yg berbeda jadi staycation di hotel2 dalam kota jadi pilihan
    Wajib banget perhatiin budget dan fasilitas hotel agar staycation kita benar2 berkualitas dan nyaman tanpa ada drama 😁

    ReplyDelete
  4. Asiiik asiikkk.
    Mau terapkan tips ini di Next Styacation.
    supaya berkesan dan enjoyable banget!!

    ReplyDelete
  5. Aku baru mulai staycation pasca nikah aja euy. Itupun lebih banyak rekomendasi dari istri, dan kebetulan ga pernah jauh dari budget hotel.
    Yaaah, yang penting mah bisa sedikit happy yaa sekeluarga. makasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  6. harus banget nih mengikuti tips di dalam tulisan ini kalau mau nyaman di hotel. Untuk ulasan, harus mengecek ulasan terbaru dan berapa banyak ulasan yang ada. Kami pernah merasa kecewa .... salah sendiri waktu itu gak mengecek ulasan :D

    ReplyDelete
  7. staycation memang menyenangkan, dulu seringnya sama sohib. yang jadi pertimbangan, pertama biasanya budget, fasilitas yang ditawarkan, biasanya ada hal-hal yang bikin aku penasaran buat menginap disana.
    terus kalau pelayanan oke, kedepannya udah dipastikan bakalan menginap disana lagi

    ReplyDelete
  8. kalau aku paling sering sih Sebelum memesan hotel, baca review dari tamu lain yang pernah menginap di sana. Hal ini akan membantu aku mengetahui kelebihan dan kekurangan hotel tersebut. Jadi bisa memutuskan mau staycation disana apa ngga

    ReplyDelete
  9. Sepertinya kebijakan refund itu perlu banget di perhatikan dan promonya tentunya yaa
    ha ha ha, soalnya biasanya kalau udah mau staycation main langsung meluncur aja, lupa dengan isi rekening wkwkwkwk

    ReplyDelete
  10. Aku juga kalo staycation ya mba, cek semuaaaaaa review, testimoni, ulasan blog kalo ada, supaya yakin sebelum milih hotelnya. Udh baca aja kdg msh kecele 🤣🤣. Apalagi ga baca.

    Pernah sekali aku asal milih hotel. Pas ke Chiang rai. Rating 5/10 doang. Seharusnya ga usah dipilih lagi kan. Tp pas aku baca review-nya, semua pada bilang hotelnya unik, tp memang di daerah lokalisasi. Itu yg buat jelek. Sementara kalo aku traveling Ama temen atau suami, ga terlalu peduli Ama lokasi begitu 😂. Kec bawa anak.

    Jadinya walo rating rendah ttp aku datangin. Dan ternyata ga kecewa sih. Unik dan bagus terlepas dari statusnya di lokalisasi 🤣🤣

    Intinya memang hrs banyak baca dan browsing dulu sebelum mutusin booking. Juga penting sesuaikan Ama budget ya

    ReplyDelete
  11. Selain faktor-faktor di atas 1 hal yang bikin saya jadi pengen staycation adalah tempatnya harus estetik dan instagramable jadi bisa konten yang banyak buat tabungan postingan di sosial media

    ReplyDelete
  12. Iya betul banget nih mba, tips buat pilih hotel saat staycation sangatlah bermanfaat.
    Aku selalu ngecek review dari beberapa platform buat memastikan nih beneran rekomen enggak hotrlnya.

    Terkait fasilitas ini mesti jadi poin yang beneran di perhatiin biar staycation nya lancar, happy dan enjoy. Termasuk lokasi juga sih misal mau sambil liburan ya harus cari lokasi strategis.

    ReplyDelete
  13. Aku sama suami kalo staycation suka bertolak belakang.
    Kalo aku "Jalan aja dulu".. kalo suami "well-prepared" banget. Jadi kalau soal milih-milih hotel, biasanya dia uda milih 3 terbaik dan aku tinggal pilih sama anak-anak.

    Biasanya selain review, kita juga liat kondisi kamarnya.
    Hehehe.. scara orangtua kan pas liburan juga butuh privacy yaakk..

    ReplyDelete
  14. wah, staycation memang selalu menyenangkan. tips2 diatas memang bener banget, termasuk soal kebijakan refund, penting bgt buat tau..thank you

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..