5 Workout singkat yang bisa dilakukan Ibu dari rumah



Assalamualaikum warahmatullah...
Hola kali ini mau bikin random post soal olahraga nih. Kebetulan beberapa bulan terakhir emang lebih concern ke kesehatan because badan aku mulai sering komplain akan gaya hidupku yang sepertinya gak sehat banget. Hehehe...

        Of course, sebagai ibu rumah tangga dengan 3 anak dan tanpa asisten, menyempatkan diri untuk olahraga itu gak mudah. Kadang mikirnya waktunya mending buat rebahan, berinteraksi di sosmed, pokoknya kalau ada senggang lebih memilih menyehatkan mental. Trus lupa deh menyehatkan fisik. Alhasil ya gitu, mentalku sehat nih, aku happy tapi badanku gak sehat. Ya sama aja bohong kan. Ujung-ujungnya ya sakit itu tetep gak enak buibu..

       Akhirnya paksu memaksa aku untuk sering olahraga, salah satu yang sering dipaksa itu jalan pagi atau lari pagi. Tapi itu syulitttt.. gak sering bisa melakukannya paling ya cuma pas weekend aja. Kalau ada buibu yang menganggap kegiatan di rumah dan berkeringat itu olahraga, kita sama kok bu, dulu saya juga berpikir demikian, namun ternyata itu salah. Karena bebenah rumah itu tidak sama dengan workout.

Workout adalah kegiatan fisik yang dilakukan di rumah yang tujuannya untuk memelihara kesehatan dan menjaga kebugaran tubuh

    Nah, kalau nyuci piring, cuci baju, angkat galon, ngosek wc enggak bisa dibilang workout karena tujuan utamanya bukan memelihara kesehatan meskipun tujuan akhirnya sama-sama menjaga kebersihan sekeluarga, hehe.. keringatnya itu keringat sumuk dan capek, bukan keringat karena melakukan gerakan berulang dalam olahraga. Jadi kesimpulannya, tetep aja kita butuh melakukan olahraga meskipun cuma sebentar. Yang penting bukan lama sebentarnya, tapi rutinnya. Gapapa cuma sebentar yang penting rutin. Sekian pembukaan yang kepanjangan ini, langsung aja yuk.

5 Workout singkat yang bisa dilakukan Ibu di rumah


1. Aerobik/Zumba
Untuk buibu yang ingin gerakan energik apalagi untuk menaikkan mood di pagi hari bisa coba aerobik atau zumba. Gerakannya memang ritme cepat dan memerlukan kelincahan tersendiri. Cocok untuk ibu-ibu yang aktif gerak dan memang ingin banyak berkeringat. Untuk durasinya silakan sesuaikan dengan waktu luang yang di punya. Coach-nya bisa liat di youtube, misalnya mencari dengan keyword "aerobik 30 menit" atau "zumba 15 menit" biasanya youtube akan segera mengarahkan sesuai kebutuhan.

2. Plank
Plank ini adalah olahraga yang sedianya mudah dan cepat tapi dalam penerapannya tidak semudah itu. Gerakan seperti push-up ini cukup dilakukan beberapa menit. Maka fungsinya sudah bisa mengecilkan perut, menguatkan otot plus keringat dingin, hahaha. 

Plank, workout mudah murah dan singkat
Bisa dilakukan ibu dari rumah


Semenit aja rasanya seperti sejam. Pengalaman saya sih begitu ya. Tapi kalau ini di rutinkan apalagi jika durasinya ditambah, wahh.. bakal jadi workout mudah, hemat, dan praktis. Apalagi plank ini tidak butuh alat apapun, meskipun pakai pakaian olahraga lebih nyaman, tapi pakai daster pun tak apa. Plis, perhitungkan plank ini dalam salah satu dari 5 workout singkat yang bisa dilakukan ibu dari rumah, ya.

3. Yoga
Yoga mungkin akan cocok dengan ibu-ibu yang gak suka gerakan lincah dan kebanyakan gerak. Tapi meski demikian, yoga tetap efektif untuk olahraga sesuai fungsinya masing-masing. Yoga juga cocok untuk ibu-ibu yang suka ketenangan, karena yoga cenderung di iringi musik pelan atau bahkan tanpa musik sama sekali. Kalau artis-artis dan instruktur, biasanya melakukan yoga seperti di tepi kolam, di alam terbuka, menggunakan suara alam atau gemerisik air sebagai pengiringnya. Kalau tidak punya kondisi ideal semacam itu, tak apalah. Kita buat ideal versi kita sendiri, hehehe.

Yoga mudah dan singkat
Bisa dilakukan ibu di rumah


Gerakan yoga itu meski cenderung lamban dan tidak lincah, tetep saja bikin keringat gobyos. Makanya untuk olahraga, bisa mencoba melakukan yoga di rumah. Yoga bagus juga dilakukan untuk ibu-ibu yang punya keluhan sakit pinggang, punggung, dan nyeri di badan lainnya akibatnya banyaknya kegiatan/beban pikiran namun kurang streching. Maka yoga cukup efektif melenturkan dan mengendurkan otot-otot yang kaku. Saya pribadi kerap melakukan yoga 15-20 menit jika low back pain (nyeri punggung bawah) sedang melanda akibat saya kurang streching atau kurang pemanasan saat lari pagi. Maka yoga ini bisa diandalkan dari 5 workout singkat yang bisa dilakukan ibu dari rumah.


4. Angkat beban
Iyaaaa, mari kita angkat beban kehidupan. Hehehe.. angkat beban ini cukup mudah dilakukan. Tak harus beli barbel atau dump bell juga, bisa menggunakan apa saja yg bobotnya setara namun mudah digenggam tangan. Manfaat angkat beban ini adalah mempertahankan massa otot kita yang setiap tahunnya menyusut seiring usia. Enggak mau kan saat tua badan kita mengendur dan menyusut akibat massa otot yang terus berkurang.


Tapi.... Angkat beban ini sebenarnya adalah salah satu dari 5 workout singkat yang bisa dilakukan ibu dari rumah yang harus dilakukan dibawah bimbingan Personal trainer (PT) profesional. Jadi kalaupun kita ingin melakukannya di rumah. Pastikan, urutan pergerakannya sesuai arahan PT profesional, misalnya cari tutorialnya di youtube, atau kalau punya kenalan PT profesional bisa tanya-tanya dulu. Pemanasan dan pendinginan gak boleh di skip dan jangan sembarangan, karena beban yang berat sangat beresiko cidera pada anggota tubuh. Kalau memang memungkinkan better ikut latihan di gym dulu dengan PT baru kemudian latihan sendiri di rumah denga step by step yang sudah diajarin.



5. Skipping lompat tali

Bisa banget donk ibu melakukan lompat tali di rumah. Tapi, fyi, skipping ini tentu tidak disarankan bagi yang memiliki obesitas. Biasanya yang obesitas itu tidak diijinkan melakukan olahraga yang ada hentakannya apalagi yang berulang-ulang seperti skipping.

Skipping ini hanya bermodalkan tali saja, bisa dibeli di banyak tempat. Mau yang tali skipping profesional atau bahkan yang murah beli di toko mainan anak, fungsinya ya sama untuk kita banyak melompat tali.

Lompat tali skipping bisa dilakukan di rumah

    Manfaat skipping ini juga bisa dirasakan ke seluruh tubuh. Skipping bisa memperkuat otot, jantung dan paru. Skipping juga sebagai latihan yang bagus sistem kardiovaskular dan mampu menurunkan tekanan darah. Skipping juga membakar kalori, lho. Tentu saja karena latihannya kan loncat-loncat dan berkeringat. Skipping juga membantu meningkatkan konsentrasi dan kelincahan tubuh. Karena saat lompat kita benar-benar harus menggerakkan semua anggota tubuh dari tangan sampai kaki. 

       Jadi tidak salah kan kalau skipping termasuk 5 workout singkat yang bisa dilakukan ibu dari rumah. Apalagi skipping bisa dilakukan di bagian rumah mana saja tanpa mengenal cuaca, bisa di teras depan, halaman rumah, atau bahkan di ruang tamu, bebas aja, hahaha.

Nah itu dia 5 workout singkat yang bisa dilakukan ibu di rumah, silakan mencoba.







17 comments

  1. Mungkin kalo pandemi ga ada, sampai skr pun aku ga bakal olahraga mba. Gara2 pandemi, dan beberapa temenku meninggal sebab COVID, ternyata Krn ada komplikasi , yg sepintas ga bakal tahu. Hipertensi, gula, etc. Komplikasi yg seharusnya bisa dihindari asal rajin olahraga.

    Sejak itu jadi rutin.

    Awalnya pake video2 di YouTube. Trus temenku ada yg PT, aku belajar juga dari dia. Trus beli beberapa alat gym di rumah. Akhirnya skr rutin 4x seminggu workout. 1 jam cukup. Krn sbnrnya workout diharapkan bisa 150 menit seminggu.

    Sbnrnya kalo udh ngerasain enaknya workout, bakal kecanduan sih Ama efek yg dirasakan. Perasaan happy walo keringat banjir, itu kayak candu memang. ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pandemi ternyata memang banyak bawa dampak positif ya mbak selain masalah kesehatan, kebersihan, gaya hidup, dan bagimana bertahan hidup. Pengen disiplin kaya mbak fanny deh

      Delete
  2. Dulu waktu masih usia 20an, daku bisa skipping sampai 500 Kali. Sekarang gak kuat euy. Paling olahraganya yoga atau senam sendiri di rumah.

    Sebenernya enak ya sekarang bisa olahraga di rumah dan banyak video panduan di YouTube, tinggal pilih aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaallah, 500 itu banyak kali mbak, kuy bisa coba yoga yg lebih santai dan gak loncat2 hehehe

      Delete
  3. Wah mau coba beralih ke yoga aja aah, dlu aku workout pake aplikasi gitu eh malah jdi keramik otot smpe sakit bgt smpe priksa katanya krg pemanasan. Pdahal udah ngikutin dri app nya yg pake pemasan juga, tpi krg lama katanya. Ternyata masih byk olahraga yg lain yg bsa dicoba

    ReplyDelete
  4. Bener banget nih mba, aku setuju tidak semua orang bisa punya waktu luang buat pergi olahraga di area outdoor. Saluttt banget mba, 3 anak tanpa ART. Mesti sungkem daku nih, beneran dirimu strong banget.

    Nah, workout yang pernah aku jalanin pas pandemi itu yoga sama zumba dengan melihat layar kaca di rumah. Soalnya, dulu aku mikir kalau kerjaan rumah kan sama aja olahraga. Ekh paksu kasih artikel terkait hal tersebut intinya emang bener tuh cuci baju, cuci piring dkk bukan termasuk olahraga karena yang gerak bagian tertentu doang. Dari situlah aku beli matras dan alat olahrga kaya barbel ukuran kecil buat sok angkat beban juga hehehe.

    Intinya memang harus balance ya mba, jaga kesehatan mental dan fisik. Makasih ya sudah kasih 5 rekomendasi workout yang bisa dijalani di rumah. Semangat sehat jasmani dan rohani 😇

    ReplyDelete
  5. saya sering kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga. Latihan-latihan ini sangat praktis dan bisa saya lakukan di sela-sela aktivitas. Mungkin bisa ditambah tips untuk menjaga motivasi agar tetap konsisten berolahraga? BTW saya pernah nyobain phlank dan terasa banget sih.... auto jompo klo ngga rutin dan terbiasa hahahaha

    ReplyDelete
  6. Olahraga ini sebenarnya penting banget ya mbaa...cuma kadng yang beratini buat memulainya padahal klo sudah dikerjakan pasti jadi keterusan berasa ada yg kurang klo sampai skip...
    Aku kmrn nyoba jalan kaki mba trus klo gak sempet keluar workout nya pake modal utup meskipun gak sampai 30mnt dan gerakannya seperti gak terlalu berat tapi ternyata keringat mengucur deras hehe

    ReplyDelete
  7. Aku pengen banget nyobain plank, katanya walau 'cuma gitu doang' tapi bisa ngerontokin kalori-kalori yang ditimbun di tubuh yaahh. Selama ini workoutku ya di atas matras aja, kalau capek ya tidur, ahahahaha....

    ReplyDelete
  8. Tapi beneran lho work out work out seperti ini bisa dilakukan di rumah asal orangnya komitmen dan juga mau ekstra berjuang untuk kesehatan. tidak perlu keluar ataupun punya member gym tapi bisa memusahkan sendiri kesehatan dengan melakukan latihan-latihan sederhana yang pasti berguna untuk tubuh kita

    ReplyDelete
  9. dulu bisa dibilang aku termasuk rutin ikutan zumba, minimal seminggu sekali. Sekarang mau berangkat ke tempat gym buat zumba rasanya beratt hahaha. Padahal kalau rutin, badan terasa enteng, seger aja gitu.
    terus rutin lari juga seminggu sekali, terus karena pulang kantor seringnya malem, jadi mau berangkat lari kok ya jadi males, niatnya aja yang pengen lari tapi kenyataannya astagahh ga berangkat

    ReplyDelete
  10. Karena keterbatasan waktu dan tenaga, membuat ibu kadang tidak punya kesempatan untuk melakukan workout ya mbak
    Padahal ada banyak juga workout yang bisa dilakukan ibu dari rumah ya

    ReplyDelete
  11. Waktu masih muda, ciee... aku suka banget skipping namun sekarang ga kuat skipping berapa lompatan undah ngos ngossan. Aku pun mulai menjalani olahraga meskipun cuma 10 menit. ternyata memang tubuh ini butuh olahraga

    ReplyDelete
  12. Masya Allah, bisa dicoba ini. Sebenarnya saya dulu suka sekali olah raga di rumah meskipun hanya aerobik sama latihan beban. Tapi beberapa waktu ini sering (beralasan tidak punya waktu, padahal aslinya kurang konsisten saja) dan ternyata efeknya memang terasa. Sejak jarang olah raga badan jadi terasa lebih cepat capek. Semoga nanti lebih konsisten lagi. Terima kasih tipsnya

    ReplyDelete
  13. Aku lagi punya project bikin tali skipping dari tali masker looh..
    Hahaha, ini benernya yang di hi-lite bikin tapinya atau olahraganya yaa??
    Dua-duanya deh.. Soalnya kan effort gituu.. ngiketin satu per-satu.
    Trus pas beberes kemarin, nemu dumbbell, so Happy!
    Mau coba work-out biar ga gampang pusing.. huhuhu~

    ReplyDelete
  14. aku masih belum bisa euy rutin olahraga tiap hari. sekarang masih 1 minggu sekali. padahal cuma 20 menit aja olahraga itu tapi magernyaaa

    ReplyDelete
  15. Toss dulu, aku juga suka workout dari rumah bareng anak biasanya zumba atau yoga dari YouTube, kadang jalan kaki di alun-alun lumayan keringatan..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..