Roji Ramen Surabaya, Resto Dengan Vibes Street Food Jepang

Roji ramen Surabaya, Street food halal


Assalamualaikum,

Pekan lalu saya berkesempatan main lagi ke Surabaya dalam rangka menemani paksu. Kali ini saya menginap di hotel di wilayah Surabaya barat. Dimana hotel tersebut terbilang sepi dari pemukiman penduduk. Di jalan besar dekat mall Pakuwon. Namun akses makan sangat mudah dan bertebaran dimana-mana.

Tepat di seberang hotel saya ada banyak sekali resto, ada foodcourt juga. Dan saya memilih mampir ke Roji ramen karena kata teman paksu ramen ini halal. Benar saja ketika setelah magrib saya kesana, di depan resto sudah memasang logo halal segede ukuran buku gambar anak SD.

Review Roji Ramen, Ramen Halal dan Enak di Surabaya

Ketika tiba disana, ternyata saya melihat antrian waiting list untuk masuk. Seingat saya, cuma resto-resto yang "worth to buy" yang sampe mengalami cara ini. Hehehe.. dalam hati saya sudah mikir, wah sepertinya ini laku banget ya. Maklum sebagai pendatang warga kalimantan saya gak update donk mana kuliner yang favorit di kota lain. 

      Syukurnya saya enggak lama waiting listnya. Setelah 5 menit saya bisa masuk dan duduk. Awalnya saya kira ini resto berantakan, tapi ternyata konsepnya seperti makan di street food pasar gitu. Jadi ada kardus-kardus, jirigen, telor, yang tentu saja itu hanya aksesoris. Tempat duduk kayu, lampu gantung diatas meja duduk, pelayan yang berpakaian ala-ala koki streetfood. Wah.. saya suka vibes kaya gini. Karena nyatanya, meski konsep streetfood tempat ini bersih kok dan tentu saja ber-AC. Gila aja Surabaya tanpa AC mau jadi apa, panasnya aja mencapai 40 dercel loh, meleleh saya tuh kalo gak di ruangan ber-AC.


Konsep street food dalam resto Roji Ramen

Ala-ala street food kampung nelayan
Di Jepang

     Roji ramen ini sudah bersertifikat halal karena ada logo halalnya terpasang di depan kaca. Saya baru tau kalau resto ini ternyata banyak tersebar di berbagai kota, sayangnya belum ada di kota saya Banjarbaru. Nah saya kurang tau, apakah halalnya hanya untuk di Surabaya atau seluruh cabangnya. Cari tau sendiri ya untuk di kota lain.

Harga dan Citarasa Roji Ramen Surabaya

     Pasti poin ini yang kalian pengen tau banget kan? Untuk beberapa ramen yang ada di lokasi tersebut, ramen ini tergolong premium dan agak pricey tapi masih terbilang bisa dijangkau. Untuk seluruh jenis ramen, harganya 45k. Untuk minuman harganya under 20k, di kisaran belasan ribu. Dan cemilan-cemilan seperti gyoja dan sejenisnya itu under 35k. Perlu diingat bahwa harga ini belum termasuk tax. Jadi kemarin saya berdua suami ke resto ini total pembayarannya 195k. Yang kami beli 2 ramen, 2 minuman (salah satunya ada ocha free refill), dan jenis jajanan ringan. Cukup kenyang, sampe jajanan yang kami beli di takeaway ke hotel karena uda kekenyangan.

   Rasanya gimana? Aku suka kuahnya sedap, bumbunya berasa dan gak pasaran kaya rasa-rasa ramen instan. Intinya sih saya mau bilang ini enak. Saya hanya kurang cocok dengan mie curly nya yang agak keras, karena saya memilih mie curly. Sedangkan suami saya memilih mie yang lurus, itu kecil-kecil dan enak. Mungkin next time saya kalau kesana lagi mau makan mie lurus aja. Kuahnya kental tapi enggak eneg.

Baca juga: Review Rawon pak pangat Surabaya

    Saya pesan mie hotto yang katanya pedas, suami saya pesan mie kari. Keduanya enak. Pedasnya lumayan, sama kuat sama bumbunya. Pedasnya juga enggak lebay, masih bisa dinikmati lah pokoknya kecuali mie nya saya gak habiskan soalnya agak keras tadi.

Hotto Ramen dan cemilan di Roji Ramen

Kari ramen di Roji Ramen Surabaya

Cemilan-cemilan yang kami beli itu juga enak, Masyaallah. Paksu bilang, worth it untuk spent money segitu karena dapat sepaket makan enak dan suasana nyaman.

Pelayanan di Roji Ramen Surabaya

   Sejak awal tiba, pelayanan superb ramah. Setiap customer yang datang di ucapin selamat datang oleh semua pelayan, semua lho! Bukan cuma yang di pintu depan. Dan itu tuh nyaring dan serempak mereka mengucapkan いらっしゃいませ (Selamat datang). 

    Jujurly, awalnya kami terganggu apalagi kami duduknya deket pintu masuk. Petugas pintu masuk yang paling keras suaranya, hahaha. Tapi karena kami makannya agak lama, dan vibesnya memang dibuat ala-ala kaki lima yang berisik, akhirnya jadi biasa aja dan gak terganggu lagi. 

    Setelah kami menghabiskan makanan, tapi belum pulang, petugas sempat minta testimoninya. Dan sambutannya hangat sekali, saya curhat perihal mie curly yang agak keras. Mereka menyambut kritik saya dengan senyum ramah. Kan mereka sendiri yang minta testimoni untuk perbaikan ke depannya kan. Tebakan saya sih itu mie kalo dimasak lebih lama lagi bisa lebih lembek, tapi entahlah karena saya enggak jago masak jadi gak bisa menyimpulkan kenapa.

    Oke, segitu aja review dari saya. So far so good, saya suka tempat ini. Kemaren saya juga isi saran supaya mereka buka di kota saya. Siapa tau di approved ya kan. Kenapa ramen harus halal? Banyak titik kritis halal haram di ramen, dari bahan baku pembuatan mie, bumbu-bumbu yang mungkin bisa pake non halal, hingga penyembelihan ayam. Jadi tak cukup sekedar no pork no lard, tapi memang sebaiknya sih bener-bener pilih bersertifikat halal agar yakin halal dari hulu ke hilir, jadi gak kepikiran dan bertanya-tanya.

12 comments

  1. belum pernah nyobain nih kalau roji ramen
    trakhir makan ramen di ramen ya doang hehe

    ReplyDelete
  2. Wah harus dicoba ini, belum pernah ketemu menu kesukaan Naruto, padahal kalau pulkam selalu transit di Surabaya. Terima kasih kakak atas informasinya

    ReplyDelete
  3. Sekarang di banjarmasin juga semakin banyak ya yang jualan rame dan memang ramen yang enak itu rata-rata harganya di atas 30 ribu. heu. tapi semoga aja nih nanti resto ramen di banjarmasin bisa mengurus sertifikat halal untuk produk mereka jadi makannya nggak waswas deh

    ReplyDelete
  4. Bbrp temenku memang lbh suka mie yg agak keras. Mungkin seharusnya mereka menanyakan dulu sm customer, mie-nya mau bagaimana? Tp aku jg krg paham sih. Yg penting mereka siap terima masukan ya. Jd biar bs lbh baik lg ke depannya.

    ReplyDelete
  5. Dengan harga dibawah dua ratus untuk dua orang seh rasanya sangat menarik ya dengan kepuasan yang diberikan.

    ReplyDelete
  6. Seru nie mbaa liat suasanya nya...dibuat ala2 vibes jepang ya mbaaa :)
    Aku juga penikmat mie yang agak lembek mbaa daripada aldente..memang sie kadang ada yang tipe mie nya itu agak keras gitu tapi klo kita tidak suka kan jadi ga terlalu bisa menikmati ya mbaa..
    Semoga si Roji juga segera buka cabang disini yaa biar kalo mo icip2 gak perlu jalan jauh lagi hehehe

    ReplyDelete
  7. Setuju banget mba, terkait makanan dan minuman baiknya memang memastikan bersertifikat halal atau tidak. Roji Ramen ini rasanya di Jakarta dan Bogor pun ada, hanya saja daku belum sempat mampir dan icip.

    Ternyata konsepmya menarik ya. Ornamen di ruangan beneran menggambarkan makan ditempat ala street food pasar. Kreatif dan inovatif. Mesti coba ku mampirin jiga nih cabang terdekatnya apakah sama seperti yang di Surabaya atau beda.

    ReplyDelete
  8. Wha ini nih.. di deket kantorku ada jugaa. Insya Allah nanti mau mampir mbaaak, nyobain.
    Btw kalo cowo cowo mah tiap ke ramen pada demennya rasa kari yak, kenapa dah wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Roji ramen ada juga di Malang tapi daku belum pernah coba. Harganya cukup affordable sih ya tapi yg paling penting pelayanannya.


    BtW kalo yg non halal itu karena pake Mirin apa gimana?

    ReplyDelete
  10. Ternyata ditempat aku juga belum ada.. Soalnya kalau ada Langsung OTW. wkwk 😂

    Mba akuu pas baca bagian "Surabaya tanpa AC bisa meleleh saya" langsung bangkit memori pertama aku pas ngunjugin surabaya pertama kali... "PANASS BANGET" 🤣 Emank sepanas itu di sana yaa. huhu. Nggak ngerti lagi aku kenapa. *Malah bahas Surabaya...*

    Ramennya terlihat enak mba. Meskipun bumbunya merah yaa 🫣. Nggak bisa pedes soalnya. Tadi nyari di google terdekat ada di Tangerang Gading Serpong. Entar kalau ada kesempatan kesana mau tak coba, meskipun nggak tahu kapan mau kesana lagi karena urusan perkuliahanku di Jakarta udah beres.. hehe

    ReplyDelete
  11. Aku dibanding udon LBH suka ramen. Krn ramen LBH gurih. Lebih kaya rasa. Pas ke jepang juga yg dicari ramen, tapi memang agak susah nemuin yg halal. Ada, tp hanya di kota2 yg banyak turis.

    Coba ntr aku cek, Koji ramen ini ada di JKT ga. Pengen juga nyobain. Jakarta udah banyak ramen yg halal. Tp terkadang yg rasanya sesuai selera juga tergantung masing2 orang 😄. Ga semuanya aku cocok

    ReplyDelete
  12. aku lupa terakhir kali makan ramen kapan, kayaknya tahun lalu, udah lama banget soalnya.
    Dan aku sendiri termasuk jarang main ke daerah Pakuwon sana mbak, soalnya kejauhan, jadi lebih sering ke kawasan Surabaya pusat atau daerah Tunjungan Plaza.
    jadi cita rasa roji ramen ini termasuk pas ya, dari kuah sampe ke pedasnya, layak buat dicoba juga

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..